1. Pinisi
Kapal
kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu,
diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut
naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama
sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk
berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang
bernama We Cudai. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal
Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi
Selatan.
Kapal
ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu
tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya
digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah
kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan
tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa
Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.
2. Barque Sedov
Kapal
ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat
di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo
hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal
untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini
diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov
yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov.
Aspek
yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping
tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini
setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan
digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari
universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.
3. Royal Clipper
Royal
Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan
pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen
merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun.
Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian,
tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan,
dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan
bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter,
Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal
layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal,
dan memiliki tiga buah kolam renang.
4. Preussen
Preussen
adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan
diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan
layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal
pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.
5. Juan Sebastian Elcano
Kapal
ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de
Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal
ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar
dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol,
Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand
Magellan.
6. Thomas W. Lawson
Kapal
ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di
Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7
tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai
timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal
layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia.
Sumber
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
::. Top 5 Popular Posts Mingguan .::
-
Lamborghini LP710 di produksi 5 unit (490rb-690rb dollar)
-
Tapi bagi yang belum tau, dragon ball adalah anime jepang yang menceritakan tentang bola naga. setelah kita mengumpulkan semua bola...
-
Sangatlah tidak benar jika dikatakan bahwasanya Arab Saudi adalah negara yang nyaris tanpa vegetasi dan tanah tandus belaka… Sebenarnya,...
-
Kabupaten Natuna, adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat...
membaca artikel blog ini sangat bagus , sangat di tunggu update nya
ReplyDelete