Indonesia tanah airku Tanah tumpah darahku Disanalah aku berdiri Jadi pandu ibuku Indonesia kebangsaanku Bangsa dan Tanah Airku Marilah kita berseru Indonesia bersatu ..... Hiduplah tanahku Hiduplah negriku Bangsaku Rakyatku semuanya Bangunlah jiwanya Bangunlah badannya Untuk Indonesia Raya ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku negriku yang kucinta ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Hiduplah Indonesia Raya ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku negriku yang kucinta ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Hiduplah Indonesia Raya

Keris, Senjata Tusuk Terkuat di Dunia

Sekilas Pembuatan Keris
Tidak di-sangka2 bangsa kita jaman dulu sudah begitu kreatif dan mampu membuat suatu barang dengan menggunakan teknologi yang “canggih”.



Untuk membuat sebilah keris, diperlukan 3 bahan : Besi, Baja dan Pamor. Yang disebut terakhir ini bisa berupa Nikel, Batu Meteor atau besi Pamor). Bahan yang sama dengar2 digunakan dalam pembuatan pesawat terbang. Ketiga bahan mentah tersebut dibakar, ditempa berkali-kali di atas paron besi dengan menggunakan rumusan tertentu. Beda Empu beda racikan . Tetapi yg pasti adalah , mereka sama2 menggunakan bahan utama Besi.


Mau tahu jenis bahan besi yang dipakai? Banyak banget. Ada 60-an jenis bahan besi, dari yang namanya “karangkijang”, “purosani”, “mangangkang”, “walulin” sampai besi “keleman” dll. Sedangkan bahan pamor, ada 3 macam : Batu Meteor, Nikel dan Panawang.

gambar meteor nya gan


Bahan baku pembuatan keris adalah besi, baja, dan bahan pamor. Bahan pamor ini ada empat macam.
Pertama, batu meteorit atau batu bintang yang mengandung unsur titanium. Bahan pamor yang kedua adalah nikel. Sedangkan bahan pamor lainnya adalah senyawa besi yang digunakan sebagai bahan pokok. Biasanya, pamor jenis ketiga ini adalah besi yang yang disebut pamor Luwu. Sedangkan bahan yang keempat adalah senyawa besi dari daerah lain, yang bila dicampurkan pada bahan besi dari daerah tertentu akan menimbulkan nuansa warna serta pemanpilan yang berbeda.


Besi dan pamor ditempa berulang-ulang lalu dibuat berlapis-lapis. Pada zaman ini, umumnya paling sedikit 64 lapisan. Untuk pembuatan keris berkualitas sederhana diperlukan lapisan sebanyak 128 buah. Sedangkan yang kualitas baik harus dibuat lebih 2.000 lapisan. Baru setelah itu, untuk mendapat ketajamanan yang baik, disisipkan lapisan baja di tengahnya.

cara bengkokin besi untuk lapisan :



hasilnya :




Segala benda yang tipis akan menjadi jauh lebih kuat bilamana benda itu dibuat berlapis-lapis. Teori ini sudah dikenal oleh nenek moyang kita sejak berabad-abad yang lampau. Mereka menemukan teori ini, dan mempraktikkannya, sekitar 7 atau 8 abad sebelum teknologi pembuatan tripleks atau kayu lapis (polywood) ditemukan dan diproduksi orang Barat pada awal abad ke-16.


foto penempaan hingga tipis banget :



Pemilihan akan batu meteorit yang mengandung unsur titanium, juga merupakan penemuan nenek moyang kita yang mengagumkan. Karena titanium ternyata memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis unsur logam lainnya. Unsur titanium itu keras, kuat, ringan, tahan panas, dan juga tahan karat. Dalam peradaban modern sekarang, titanium dimanfaatkan orang untuk membuat pelapis hidung pesawat angkasa luar, serta ujung roket dan peluru kendali antar benua.


hasil keris 75%



KERIS....made in INDONESIA ASELI



tambahan gan....

keris merupakan senjata tusuk terkuat yang pernah dibuat manusia....


sumber:kaSKUS.US

5 comments:

::. Top 5 Popular Posts Mingguan .::

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...