Indonesia tanah airku Tanah tumpah darahku Disanalah aku berdiri Jadi pandu ibuku Indonesia kebangsaanku Bangsa dan Tanah Airku Marilah kita berseru Indonesia bersatu ..... Hiduplah tanahku Hiduplah negriku Bangsaku Rakyatku semuanya Bangunlah jiwanya Bangunlah badannya Untuk Indonesia Raya ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku negriku yang kucinta ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Hiduplah Indonesia Raya ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku negriku yang kucinta ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Hiduplah Indonesia Raya

Kerak telur !



Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

cara membuat:

Bahan:
500 g beras ketan putih, rendam semalaman, tiriskan, tumbuk kasar
10 butir telur ayam, kocok

Bumbu halus:
1/2 butir kelapa, parut, tumbuk
3 buah cabai merah
4 cm kencur, sangrai
3 cm jahe, sangrai
1 sdt merica butiran, sangrai
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Taburan:
100 g ebi yang bagus, rendam hingga lunak, tumbuk, sangrai
50 g bawang merah goreng

Cara membuat:
Panaskan wajan besi cekung di atas api arang atau kompor.
Ratakan 3 sdm beras ketan ke dasar dan keliling wajan sambil tekan-tekan hingga membentuk cekungan kerak yang menempel di wajan. Tutup wajan, masak hingga ketan matang.
Tambahkan 5 sdm telur kocok dan 1 sdm bumbu ke atas kerak sambil aduk-aduk ringan (jangan sampai kena keraknya) hingga rata. Tutup wajan, panaskan sebentar.
Buka tutup, balikkan wajan ke atas api (jaga jarak jangan sampai mengenai permukaan adonan). Panaskan hingga adonan kecokelatan dan kering.
Lepaskan dari wajan. Taburi bahan Taburan. Kerjakan yang sama dengan sisa bahan.
Sajikan panas.

Untuk 12 buah.

Wikipedia

No comments:

Post a Comment

::. Top 5 Popular Posts Mingguan .::

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...