Indonesia tanah airku Tanah tumpah darahku Disanalah aku berdiri Jadi pandu ibuku Indonesia kebangsaanku Bangsa dan Tanah Airku Marilah kita berseru Indonesia bersatu ..... Hiduplah tanahku Hiduplah negriku Bangsaku Rakyatku semuanya Bangunlah jiwanya Bangunlah badannya Untuk Indonesia Raya ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku negriku yang kucinta ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Hiduplah Indonesia Raya ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Tanahku negriku yang kucinta ..... Indonesia Raya Merdeka Merdeka Hiduplah Indonesia Raya

Sejarah Jembatan Ampera Dan Proses Pembuatannya

Sejarah Jembatan Ampera

 Pembangunan jembatan gerak ini dimulai pada bulan april 1962, setelah mendapat persetujuan dari presiden soekarno. Biaya pembangunannya diambil dari dana rampasan perang jepang dalam kata lain semua di tanggung oleh pemerintah jepang dari kontraktor dan pekerja.

Pada awalnya, jembatan sepanjang 1.177 meter dengan lebar 22 meter ini, dinamai jembatan bung karno. Menurut sejarawan djohan hanafiah, pemberian nama tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada presiden ri pertama itu. Bung karno secara sungguh-sungguh memperjuangkan keinginan warga palembang, untuk memiliki sebuah jembatan di atas sungai musi.




 Pada saat bagian tengah jembatan diangkat, kapal dengan ukuran lebar 60 meter dan dengan tinggi maksimum 44,50 meter, bisa lewat mengarungi sungai musi. Bila bagian tengah jembatan ini tidak diangkat, tinggi kapal maksimum yang bisa lewat di bawah jembatan ampera hanya sembilan meter dari permukaan air sungai.
Sejak tahun 1970, jembatan ampera sudah tidak lagi dinaikturunkan. Alasannya, waktu yang digunakan untuk mengangkat jembatan ini, yaitu sekitar 30 menit, dianggap mengganggu arus lalu lintas antara seberang ulu dan seberang ilir, dua daerah kota palembang yang dipisahkan oleh sungai musi.





Jembatan ampera pernah direnovasi pada tahun 1981, dengan menghabiskan dana sekitar rp 850 juta. Renovasi dilakukan setelah muncul kekhawatiran akan ancaman kerusakan jembatan ampera bisa membuatnya ambruk.

Bersamaan dengan eforia reformasi tahun 1997, beberapa onderdil jembatan ini diketahui dipreteli pencuri. Pencurian dilakukan dengan memanjat menara jembatan, dan memotong beberapa onderdil jembatan yang sudah tidak berfungsi. Warna jembatan pun sudah mengalami 3 kali perubahan dari awal berdiri berwarna abu-abu terus tahun 1992 di ganti kuning dan terakhir di tahun 2002 menjadi merah sampai sekarang.

source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6417167

8 comments:

  1. thanks infonya gan menarik sekali
    serat menambah wawasan update terus info lainnya

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya menarik dan bermanfaat sekali
    serta menambah wawasan,semoga sukses terus
    dan update terus info menarik lainnya

    ReplyDelete
  3. artikelnya keren
    menarik untuk di baca
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  4. artikelnya menarik dan bermanfaat
    share terus info lainnya
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas informasi yang telah di bagikan .
    di tunggu informasi -informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas informasinya
    sukses terus

    ReplyDelete
  7. di blog ini sangat banyak sekali info info yang bagus
    terimakasih gan

    ReplyDelete

::. Top 5 Popular Posts Mingguan .::

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...